Jumat, 29 Oktober 2010

Susu Formula

        Walaupun ASI adalah makanan paling ideal bagi bayi, namun tidak semua ibu dapat memberikan ASI pada bayinya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
  • Jumlah dan mutu ASI kurang memadai sehingga tidak mencukupi kebutuhan bayi
  • Tidak selamanya sorang ibu bersama-sama dengan bayinya. Pada umumnya, faktor pekerjaan akan memisahkan ibu dan bayi untuk sementara waktu atau karena alasan yang lainnya
  • Faktor kesehatan ibu yang kurang memadai, misalnya ibu menderita suatu penyakit yang dikhawatirkan dapat menular kepada bayinya
  •  Dengan alasan estetika, seorang ibu akan lebih mementingkan keindahan tubuhnya daripada kesehatan anaknya.
Untuk alasan-alasan tersebut, pada umumnya bayi harus diberi makanan pengganti ASI (PASI) berupa susu formula. Akan tetapi, harus diperhatikan bahwa susu formula dapat diberikan kepada bayi, setelah bayi berumur sekurang-kurangnya 4 atau 6 bulan. Pada umumnya, susu formula untuk bayi terbuat dari susu sapi yang susunan zat gizinya diubah sedemikian rupa sehingga dapat diberikan kepada bayi tanpa menimbulkan efek samping  (Krisnatuti & Yenrina 2006).
            Walaupun memiliki susunan zat gizi yang cukup baik, jika dibandingkan dengan ASI, memiliki banyak kelemahan. Selain itu, penggunaan susu formula harus dikontrol dari kemungkinan masuknya organisme-organisme patogen atau terjadinya proses kontaminasi. Kontaminasi oleh mikroba akan menyebabkan terjadinya perubahan kualitas dari zat-zat gizi yang terkandung di dalam susu formula dan dapat menyebabkan diare (Krisnatuti & Yenrina 2006).
            Untuk memilih produk susu formula yang sifatnya komersial harus diperhatikan beberapa hal, antara lain kandungan zat gizi, komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, dan metode pengolahan yang tertera dalam label. Selain itu, perlu diperhatikan pula masa kadaluwarsanya sehingga aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Sebaiknya, susu formula berbentuk tepung dikonsumsi dalam jangka waktu dua tahun setelah diproduksi (Krisnatuti & Yenrina 2006).

1 komentar:

  1. tampilan blognya bagus, lengakap dengan paduan warna yang serasi dan menarik tuk di lihat.


    kalau butuh bahan bacaan,, kunjungi
    REPOSITORY UNAND

    BalasHapus